Bahasa :   

Monitoring Kota Salatiga

on 27 Mei 2015

Pada hari Rabu, 27 Mei 2015, dilaksanakan monitoring di Kota Salatiga terkait dengan fasilitas DEWATS yang telah dibangun dan dioperasikan.

Pada kunjungan ini dilaksanakan monitoring di dua lokasi IPAL yang terletak di Kecamatan Sidoerjo dan Kecamatan Argomulyo. Rencana monitoring telah disampaikan dan diberikan ijin oleh dinas PU Kota Salatiga meskipun koordinasi terkait IPAL berada di bawah dinas Lingkungan Hidup Kota Salatiga.

Lokasi pertama yang dikunjungi untuk monitoring terletak di SMA N 2 Salatiga. Lokasi IPAL berada di lapangan parkir SMA N 2 Salatiga dengan sistem yang digunakan adalah sistem komunal. Temuan yang diperoleh adalah belum ada penunjukan khusus petugas untuk melaksanakan operasional dan pemeliharan fasilitas IPAL sehingga kondisi IPAL dan bak kontrol tidak terawat. Tutup manhole ditambah dengan beton dan tidak ada peralatan Sanfab untuk membukanya sehingga sulit dibuka. Dengan bantuan satpam sekolah, manhole utama baru bisa dibuka.

Lokasi kedua merupakan Kawasan Wisata Karaoke yang terletak di kelurahan Sarirejo, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga. Sistem yang digunakan adalah sistem komunal dengan sambungan ± 87 sambungan rumah tangga. Di setiap sambungan rumah tangga telah dipasang bak kontrol dan perangkap lemak untuk sampah dapur namun tidak pernah dibersihkan oleh pengguna. Sudah ada penunjukan operator namun belum dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara optimal dikarenakan belum ada iuran yang masuk ke kas KSM.

Monitoring merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan suatu program. Tujuan dari kegitan monitoring adalah untuk memantau sejauh mana pelaksanaan rencana pokok program. Kegiatan monitoring bermanfaat untuk melihat tren status, mengenali masalah dan bila perlu dapat juga melakukan koreksi terhadap permasalahan yang timbul selama proses berlangsung. Diharapkan dengan adanya monitoring di dua lokasi di Salatiga dapat mengidentifikasi masalah dan menetukan solusi yang terbaik untuk pemecahan masalah tersebut.