Bahasa :   

AKSANSI Selenggarakan Seminar Nasional

on 02 Mei 2016

AKSANSI Selenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Beyond The Technical: Ensuring Sustainable Local Scale Wastewater Service"

Indonesia menjadi yang terdepan secara global dalam hal jumlah instalasi sistem pengolahan air limbah skala komunal. Sampai saat ini terdapat sekitar 14,000 fasilitas pengolahan air limbah baik itu MCK, Perpipaan maupun kombinasi di seluruh Indonesia. Dengan begitu banyak fasilitas yang terbangun dan puluhan ribu lagi yang sedang direncanakan untuk mencapai 100% target sanitasi pemerintah Indonesia sampai tahun 2019. Oleh karena itu, sekarangadalah saat yang tepat untuk memusatkan perhatian pada tahapan operasional dan pemeliharaan jangka panjang sistem-sistem tersebut.

Institute for Sustainable Futures (ISF), University of Technology, Sydneymelakukan penelitian yang didanai oleh Australian AID selama 3 tahun dan bekerjasama dengan AKSANSI, BAPPENAS, Kementerian PU & PERA, IUWASH, INDII, BORDA, dll untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan keberhasilan jangka panjang sistem-sistem tersebut.

Dalam rangka menyebarluaskan hasil penelitian, ISF menggandeng AKSANSI untuk menyelenggarakan seminar nasional pada tanggal 19-22 April 2016 di Yogyakarta yang menghadirkan 130 orang dari perwakilan pemerintah daerah dan forum komunikasi sanitasi berbasis masyarakat di Indonesia. Seminar ini dilakukan dalam dua periode dengan peserta untuk masing-masing periode sebanyak 65 orang agar metode partisipatif praktis yang dibawakan bisa berjalan dengan lebih efektif. Dalam seminar ini, disampaikan bentuk-bentuk partisipasi dan pembelajaran dari tiap pemangku kepentingan sanitasi baik itu di level nasional, daerah, maupun level masyarakat agar peserta bisa mengetahui praktek terbaik dari tiap tahapan penyelengaraan program sanitasi berbasis masyarakat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat menghadapi tantangan dalam menjalankan tanggung jawab penuh kegiatan operasional dan pemeliharaan. Berdasarkan temuan tersebut,ISF mengembangkan berbagai gagasan metode operasional dan pemeliharaan yang baru untuk memperbaiki situasi ini.

Selain itu, pada seminar ini juga akan disampaikan hasil dari ulasan hukum dan peraturan nasional yang sudah dilakukan, karena dari ulasan tersebut, pemerintah merupakan pihak yang bertanggung jawab terhadap layanan pengelolaan air limbah dan terdapat banyak cara bagi pemerintah untuk mendukung sistem pengolahan air limbah berskala komunal di daerah.