Bahasa :   

Pelatihan Monitoring & Evaluasi AKSANSI Tahun 2016

on 24 Mei 2016

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Sarana Sanitasi Berbasis Masyarakat merupakan salah satu portfolio utama AKSANSI sebagai Asosiasi KSM Sanitasi.

Monitoring & Evaluasi bertujuan untuk mengetahui kondisi riil di lapangan dengan mengadakan kunjungan langsung untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul serta mengetahui proses operasional dan pemeliharaan yang dilakukan tiap KSM. Kegiatan Monitoring dan Evaluasi dilakukan secara rutin setiap tahun oleh Sekretariat AKSANSI dengan jumlah mencapai 200 lokasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan tahun 2016 ini, Sekretariat AKSANSI mentargetkan akan melakukan monitoring di lebih dari 400 lokasi sanitasi berbasis masyarakat.

Dengan banyaknya jumlah lokasi yang akan dikunjungi, maka Sekretariat AKSANSI perlu secara regular mengadakan pelatihan bagi pelaksana monitoring untuk mempertahankan konsistensi kualitas serta meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam pelaksanaan monitoring. Oleh karena itu, pada tanggal 2-4 Mei, Sekretariat AKSANSI mengadakan pelatihan Monitoring & Evaluasi yang diikuti oleh peserta dari internal AKSANSI, BORDA dan juga LPTP.

Pelatihan ini mencakup pengetahuan umum tentang sanitasi berbasis masyarakat di Indonesia, pemahaman form monitoring, praktek lapangan serta analisis hasil effluent. DIharapkan dengan adanya pelatihan ini, para petugas pelaksana monitoring akan lebih memahami proses-proses yang terjadi di dalam program sanitasi berbasis masyarakat sehingga hasil yang didapatkan dari kunjungan lapangan lebih akurat dan bisa meningkatkan kualitas kegiatan monitoring secara umum.